Wednesday, February 20, 2013

Makanan yang Dapat Menyembuhkan sakit Tenggorokan

Beraktivitas dengan kondisi badan yang kurang fit tentu sangat menyusahkan, salah satunya adalah sakit tenggorokan atau radang tenggorokan. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi dari bakteri yang ditandai dengan nyeri di tenggorokan dan pada beberapa orang sampai demam. Selain minum obat, bisa juga dengan mengonsumsi makanan yang kaya gizi. Menurut situs Health Me Up, terdapat makanan yang dapat menyembuhkan sakit tenggorokan.



Pisang
Kandungan vitamin B6, kalium, dan vitamin C yang terdapat didalamnya akan membantu menyembuhkan sakit pada tenggorokan. Selain itu, teksturnya yang lembut membuat pisang sangat mudah dikonsumsi.

Sup Ayam
Sup ayam berfungsi sebagai anti peradangan dan mencegah virus masuk ke dalam tubuh. Tambahkan juga wortel, seledri, lobak, ubi jalar dan bawang putih dalam sop ayam untuk menambah khasiatnya.

Jus Lemon dengan Madu
Campuran lemon dan madu akan meredakan sakit tenggorokan dengan baik. Minuman ini juga mampu mendinginkan tenggorokan dan meredakan rasa sakit saat menelan.

Telur
 Protein yang terkandung dalam telur akan membantu mengatasi peradangan dan rasa sakit pada tenggorokan. Masaklah dengan tidak menambahkan bumbu apapun kedalamnya dan sebaiknya hanya menggunakan putih telurnya saja.

Teh Jahe atau Teh Madu
Selain dapat menghangatkan tubuh, teh jahe atau teh madu juga dapat menangani tenggorokan gatal. Madu yang berfungsi melapisi tenggorokan dapat mencegah iritasi.

Oatmeal
Oatmeal yang kaya akan serat akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol buruk dalam tubuh. Makanan yang menjadi andalan dalam program diet ini memiliki kandungan protein yang berguna untuk memulihkan tubuh. Tambahkan juga pisang atau madu dalamnya.

Sage
Sage atau tumbuhan Salivia officinalis ini telah digunkan sebagai bahan ramuan obat sakit tenggorokan sejak zaman dulu. Sage yang kaya akan oksigen, flavonoid, dan asam fenolik ini dapat ditambahkan dalam secangkir teh hangat.

Pasta Gandum
Pasta yang berbahan dasar gandum penuh dengan gizi, serat, zat besi, dan vitamin B1, B2, B3, dan vitamin E ini dapat mempercepat penyembuhan radang tenggorokan.

Wortel Rebus
Wortel penuh dengan nutrisi seperti vitamin A, vitamin C, vitamin K, serat dan potasium. Jika berfikir bahwa wortel mentah lebih baik maka itu salah, karena wortel mentah hanya akan memperparah sakit tenggorokan karena teksturnya yang keras. Oleh karena itu, wortel harus dikukus atau direbus terlebih dahulu.

No comments:

Post a Comment